TEKNIK DASAR SAXOPHONE

Teknik dasar saxophone


Seperti yang udah pernah di bahas uda putra, secara ringkas sejarah,teknik, dan perkembangan saxophone udah cukup komplit, nah gw jg seorang pemain saxophone amatir, ndeso juga, pengen berbagi sedikit pengalaman selama ini pada semua. Seandai nya terdapat kesalahan,kekurangan dan pertanyaan2 saya mohon bantuan kepada semua temen2 musisi disini……

kita mulai ya… berdasarkan gambar dr uda puput, kyk nya gambar nya baru membahas bagian tubuh saxophone nya,karna gw ng bisa dgn jlas membahas posisi jari (harus ada alat dan temen2 yg tertarik baek nya merhatiin langsung krna pd gambar da puput ng klihatan semua klep nya) artinya untuk posisi jari si player mesti ad di samping kamu buat nunjukin posisi jari nya, norak nih gw!!
lanjut… walau ng dipencet satu klep pun, saxophone dapat mengeluarkan nada klo pada saxophone tenor am sopran (in bes) nada yg keluar adalah nada Cis/ Db (Ckres/Dmol atau Csharp/Dflat) yg paling penting pada alat tiup adalah “TEKNIK PERNAFASAN” nya. Manusia memiliki 3 cara bernafas, dgn dada, perut dan diafragma. untuk alat tiup kita memakai pernafasan diafragma, karena pernafasan ini yg paling mendukung dan aman buat niup instrument tiup. klo seandainya kita gunakan pernafasan laen seperti dada, fx samping (penyakit)yg akan kita derita seperti “bengek-an”.. wah ng tau betuk nih bahasa ilmiah nya kemudian klo kita pake pernafasan perut fx yg akan kitaderita adalah hernia…. ada beberapa tips untuk nglatih pernafasan diafragma:

1.berbaring menelentang/duduk , kemudian bernafas seperti bayi () cara ng-cek pernafasan diafragma yg bener.. pertama kelapa pasti akan terasa pusing,mual( kadang2 ad yg sampe muntah) kemudian perut akan mengembang ke arah samping dan terasa keras!!! jangan langsung pake alat!!! gulung aja selembar kertas masukin ke dalam mulut,ukuran nya sebesar “nganga” mulut paling besar( kayak di ospek)tpi ini beneran ng main2, sungguhan lho… lakukan secara rutin dan selalu cek pernafasan nya, setelah pernafasan nya sukses, tahap berikut nya baru pake alat. setelah alat udah ada N ready(rit udah di pasang dengan benar pada mouthpice nya) klo pake tenor ama alto sax,ke 3 bagian alat, mouthpiece,neck ama bell udah disambung..teknik berikut nya bernama “longtone” maksud nya. latihan meniup nada tpi ng pake ritme2 cepat/rapat tapi tiup panjang (whole note) dan dengan tempo lambat.. tujuannya, untuk mendapat kan tone dan warna bunyi(timbre) dari instrument tiup yg kita pake..latihan teknik yg satu ini juga rutin, selama anda masih pengen main saxophone..seperti warming up pada instrument laen… ada juga yg paling penting.. ngemut sax-nya, posisi bibir di mouthpiece nya…(buat posisi2an emang harus ada player di sebelah anda untuk membantu membentuk posisi yg baek N bener), secara teknis cara nya, taruh bibir anda pada mouthpiece ingat bibir jgn gigi!! seperti mau memotong makanan dengan gigi seri, bibir bawah buat menahan mouthpiece dan bibir atas hanya di taruh (jgn di beri tekanan)pada bagian atas mouthpiece..kemudian TIUP DENGAN TEKNIK PERNAFASAN DIAFRAGMA….!!jangan coba pernafasan laen…… nah ketika tone dan warna bunyi dari alat nya udah dapet, baru ke next steep bermain menggunakan t.nada dan mengetahui posisi jari nya.. nah bagian ini yg sulit menulis teknisnya… Kepada rekan2 musisi diharap kan bantuan nya…………. thank’s all N good luck………….

http://www.bengkelmusik.com/forum/showthread.php?t=3393

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: